Selasa, 19 April 2011

Kenari Lokal VS Kenari Import,siapa yang menang ?

Perlahan tapi pasti kenari lokal menjadi kurang populer dan ditinggalkan. Hal ini mungkin saja karena penggemar kenari ingin mencoba sesuatu hal yang baru dengan burung kenari jenis import. Jika ini terus berlangsung maka bisa jadi harga pasaran kenari lokal akan sangat anjlok, namun kekhawatiran yang paling utama adalah tidak lestarinya lagi jenis kenari lokal ini alias punah di Indonesia. Dengan maraknya kenari silangan import seperti F1 yorkshire dan yang lainnya maka juga secara tidak langsung berdampak pada pergeseran pasar kenari secara nasional.
Untung saja lomba burung berkicau di kelas kenari sekarang ini masih banyak peserta yang menampilkan burung kenari lokal sebagai gacoannya. Hal positif lainnya adalah event lomba kenari juga masih menyisakan kelas kenari lokal dan reguler, contohnya saja seperti lomba kenari yang diadakan oleh Papburi.

Untuk hal itu maka sebaiknya para penggemar burung berkicau khususnya kenari bersama-sama mampu memilih dan memilah serta tidak mengecap satu jenis kenari lebih unggul daripada jenis lainnya. Kesukaan itu adalah hal yang subjektif namun ilmu pengetahuan itu adalah hal yang objektif.

Ayo kepada para panitia yang biasa mengadakan even lomba burung di seluruh indonesia,agar lebih di galakkan lagi lomba untuk kelas burung kenari lokal,agar burung jenis ini bisa lebih bergengsi,sehingga harganya bisa sedikit terdongkrak,pasti para peternak bisa lebih bersemangat lagi dalam meningkatkan mutu dan kualitas dari hasil tangkarannya.

memang benar.dari segi harga kenari lokal saat ini sangat berbeda jauh dengan harga jenis kenari import seperti Yorkshire yang harganya hampir sama dengan harga Burung Cucak Rawa,yakni hampir 4 jutaan (mohon maaf kalau salah).itupun entah bunyi entah enggak,yang penting hidup dan tampak sehat.atau hasil silangan dari yorkshire dan jenis kenari lainnya,yakni F1,F2,F3 dst,harga anakannya umur 2-4 bln berkisar dari 600rb sampai 2 juta'an.bandingkan dengan harga kenari lokal yang sudah mampu bernyanyi dengan merdu sekitar 150-350rb.lha,ini bagaikan dusun dan metropolitan kan ? namun dari segi kualitas variasi lagu dan volume suaranya,saya rasa hal tersebut tergantung selera masing-masing,50-50 lah.hehehee...,akan tetapi kenari lokal menang telak dari segi daya tahan tubuh terhadap cuaca di indonesia.istilah di malang adalah lebih Tahan Banting.di jemur dari pagi sampai sore,burung kenari lokal tidak akan apa-apa asalkan di dalam sangkar masih ada air minum.sementara kenari Yorkshire,di jemur lebih dari setengah jam saja,sudah menampakkan tanda-tanda kurang sehat.dan gampang sekali jatuh sakit.lha kalo burung import seharga 4 juta sakit,sudah pasti pemiliknya stres.pontang-panting cari informasi obat yang tepat.walaaahhh,ternyata hukum bisnis juga berlaku di dunia kenari,Hight Profit Hight Risk.semakin tinggi untung,resiko rugi juga tinggi.nah,semua tergantung anda dalam menyikapinya.

Kenari Lokal Atau Kenari Malang 1

Kenari lokal,atau oleh para penggemar kenari luar kota khususnya jakarta di sebut juga sebagai kenari malangan,merupakan burung kenari yang memiliki postur tubuh kecil memanjang,dengan aneka warna.di sebut sebagai kenari malang,karena sentra peternakan terbesar burung kenari jenis ini berada di area kota dan Kabupaten Malang jawatimur,yang kemudian menyebar keberbagai kota di jawa,kalimantan dan bali,dan sekarang banyak di jumpai di pasar-pasar burung hampir seluruh daerah di indonesia.

Berdasarkan sejarah,kenari lokal Malang ini berasal dari jenis kenari taiwan yang di kenal bertubuh kecil dan memiliki volume suara yang keras,yang kemudian di kawin silang dengan kenari jenis holland dengan variasi suaranya yang merdu.


Pada awal-awal kenari lokal ini booming,seingat saya sekitar tahun 1990an,saat itu saya baru kelas 1 SMP,harga kenari lokal sangat tinggi.hampir sama dengan harga kenari F2 sekarang.namun seiring dengan semakin banyaknya peternak,stock untuk kenari malangpun membludak,akhirnya berlakulah hukum pasar,stok melimpah hargapun murah.dan untuk mendongkrak kembali harga Kenari lokal,maka banyak dari peternak di malang berusaha menciptakan warna yang berbeda dari yang sudah ada.saya ingat sewaktu baru muncul kenari warna abu-abu atau di malang disebut kenari "STARBLUE".
harga anakan usia 1 bln kenari warna ini termasuk tinggi hingga 600 sampai 750rb.kemudian menyusul warna sunkist jeruk,orange atau wortel,silver,dan putih.
karena itulah sampai sekarang,di malang harga burung kenari lokal ini berbeda-beda berdasarkan warnanya.berbeda dengan Solo atau Jogja,yang lebih menilik kepada postur tubuh.sehingga warna apapun tidak masalah.di malang sendiri kenari dengan warna hijau adalah jenis kenari yang paling murah harganya,anakannya di hargai oleh tengkulak (khusus tengkulak dan sepak terjangnya akan saya ulas pada tulisan saya yang lain) sebesar 25 ribu rupiah.sedangkan warna kuning 75-100 ribu rupiah.putih 150-200 ribu rupiah.namun jika sudah berada di pasar burung,harga sudah berbeda jauh.

sumber : http://burung-ocehan.blogspot.com/

2 komentar:

  1. Bandungnya dimana kang? Ada kenari yg dijual gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surga Kenari | Surganya Jual-Beli Kenari!

      CV. MAJU BERSAMA - Pengerajin Sangkar Burung (Solo) & Penangkaran Bandung Kenari. Jual Segala Jenis Kenari & Sangkar Burung.

      Melayani Harga Partai & Eceran.

      List Ready Stock : http://surgakenari.blogspot.com/

      Lapak Kaskus: http://kask.us/hwE0T

      Alamat Penangkaran: Jl. Pinang No.29. Rt/Rw 08/06. Kecamatan Koja. Kelurahan Lagoa. Jakarta Utara 14270.

      Petunjuk Arah: Tol Yossudarso arah pelabuhan Tg. Priok, turun prapatan pemadam kebakaran atau SMP N 30, lewat pasar rawa badak dan ikuti mobil angkot kwk 07 warna merah -/+ 400m sampai di Jl. Pinang No.29 (depan masjid nurud dakwah ada Indomaret pinang raya).

      Google Map: http://goo.gl/DOW38O

      Kontak: (SMS) 0219 4044 791 | (TELP) 0813 8351 8844

      Blog: http://surgakenari.blogspot.com
      YM: isnannugrahlastiko
      FB: fb.com/surganyakenari
      G+: gplus.to/SurgaKenari

      Hapus